Kamis, 20 Januari 2011

Public Relations Kunci di Balik Suksesnya Perusahaan

Menurut Wikipedia, Public Relation (PR) atau nama lain dari Hubungan Masyarakat (Humas) adalah seni menciptakan pengertian publik yang lebih baik. Sehingga dapat memperdalam kepercayaan publik terhadap suatu individu ataupun organisasi.

Sedangkan menurut IPRA (International Public Relations Association), Public Relation adalah fungsi manajemen dari ciri yang terencana dan berkelanjutan melalui organisasi dan lembaga swasta atau publik untuk memeroleh pengertian, simpati, serta dukungan dari mereka yang terkait atau mungkin ada hubungannya dengan penelitian opini publik di antara mereka.

Terlepas dari apapun pengertian profesi Public Relations secara teori ataupun umum, yang jelas, profesi yang satu ini terbilang cukup menarik untuk digeluti, apalagi bagi Anda yang haus akan tantangan dalam setiap melakukan pekerjaan. Pasalnya, untuk menjadi seorang Public Relations yang handal dan profesional ternyata tak semudah yang dibayangkan kebanyakan orang.

Di perusahaan, biasanya profesi ini sangat berpengaruh terhadap kemajuan atau bahkan kemunduran perusahaan. Karena, profesi ini memiliki tanggung jawab yang cukup berat, yaitu membuat program-program untuk mengambil tindakan secara sengaja dan terencana dalam upaya untuk mempertahankan, menciptakan, serta memelihara pengertian bersama antara organisasi dan masyarakat.

Dengan begitu jelas, bahwa keberadaan seorang Public Relations di dalam perusahaan sangatlah penting. Pasalnya, seorang Public Relations merupakan penunjang tercapainya tujuan yang ditetapkan oleh suatu manajemen organisasi.

Untuk bisa menjadi seorang Public Relations yang handal dan profesional dibutuhkan beberapa keterampilan diri, yaitu bisa membuat kesan (image) yang baik, memiliki pengetahuan dan pengertian yang luas, mampu menciptakan ketertarikan terhadap lawan bicara, bisa menerima segala macam masukan, serta bisa meraih simpati.

Selain itu, tujuh puluh persen dari kegiatan seorang Public Relations sangat berhubungan dengan dunia tulis-menulis, selain tugas-tugas lainnya. Di antaranya yaitu:
  1. Merancang pesan tematik. Hal ini sangat penting agar pesan yang disampaikan oleh organisasi memiliki keseragaman atau keterkaitan pesan.
  2. Melakukan segmentasi media. Dimana seorang Public Relations harus mampu memformulasikan keseimbangan saling dukung antara media cetak dan elektronik.
  3. Komunikasi interaktif. Dimana seorang Public Relations biasanya melibatkan masyarakat ataupun konsumen dalam merancang sesuatu yang berhubungan dengan perusahaan atau brand.
  4. Menjaga reputasi perusahaan dan citra produk. Yaitu melalui pemanfaatan kekuatan pesan dan atau kombinasinya.
  5. Iklan multiguna. Yang mana, hal ini dilakukan dengan memanfaatkan momentum psikologis masyarakat.
  6. Penjualan simpatik. Mengambil simpati masyarakat dengan membagi sedikit hasil dari penjualan perusahaan kepada masyarakat.
  7. Melakukan iklan layanan masyarakat.
  8. Pemasaran dari mulut ke mulut.
  9. Ajang pemasaran khusus dimana aktivitas dirancang untuk melibatkan khalayak umum.
  10. Memanfaatkan komunikasi yang akrab untuk pelanggan.
Yang jelas, untuk bisa menjadi seorang Public Relations yang handal dan profesional dibutuhkan keahlian yang cukup memadai dalam diri, selain teori yang didapat dari kampus-kampus. Karena tanggung jawab seorang Public Relations sangatlah berat di setiap perusahaan.

Namun, jangan lantas Anda malah takut untuk menjalani profesi yang satu ini. Pasalnya, jika tekun dan mau belajar untuk menjadi seorang Public Relations yang handal dan profesional, maka peluang untuk sukses sangat terbuka lebar.

Jadi, jangan takut untuk menggeluti profesi yang satu ini. Selamat mencoba dan semoga kesuksesan ada di tangan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar